Pendistribusian PMT ( Pemberian Makanan Tambahan) untuk balita oleh Kader Posyandu Banjar Dinas Peke

Ketut Divayana Putra 30 September 2021 14:08:25 WITA

Info Pemdes Sangsit

Pemberian PMT (Pemberian Makanan Tambahan) Bagi Balita dalam upaya pencegahan stunting bagi balita di Desa Sangsit oleh Kader Posyandu di Banjar Dinas Peken. Sesuai dengan regulasi yang mengatur salah satu prioritas penggunaan Dana Desa adalah konvergensi Pencegahan Stunting. Mohon laporkan kepada pemerintah Desa bilamana ada ciri - ciri anak - anak Bapak/ Ibu sebagai berikut :

Bertubuh Pendek

 

Anak stunting sudah pasti akan memiliki perawakan pendek. Hal ini dapat dengan mudah dilihat dan dibandingkan dengan teman-teman seusianya.

 

Kendati demikian, Anda mesti tahu bahwa tidak setiap anak dengan tubuh pendek pasti mengalami stunting. Maksudnya, jika Anda merasa sudah memberikan asupan terbaik pada anak namun ia tetap bertubuh pendek, bisa jadi kondisi tersebut dipengaruhi oleh hal lain yang bukan stunting.

 

Artikel Lainnya: Penyebab dan Cara Mencegah Stunting pada Anak

 

2. Sering Sakit

 

Salah satu gejala stunting adalah menurunnya fungsi kekebalan tubuh akibat kurangnya nutrisi dalam waktu berkepanjangan.

 

Anak yang punya kekebalan tubuh rendah akan lebih sering sakit, yang biasanya diakibatkan oleh penyakit infeksi. Contohnya, sering demam, muntah, diare, dan lainnya.

 

3. Menurunnya Kemampuan Kognitif

 

Ciri-ciri anak stunting ini adalah yang paling mengkhawatirkan. Stunting akan mengakibatkan kemampuan kognitif anak menurun, yang ditandai dengan IQ rendah bahkan hingga dikategorikan retardasi mental.

 

Kemampuan kognitif yang menurun dapat dilihat dari adanya hambatan dalam perkembangan anak Anda. Sebagai contoh, anak tersebut belum mampu mengucap kata di usia 2 tahun, atau belum bisa makan sendiri di usia 1 tahun.

 

4. Bertambah Gemuk

 

Pada anak stunting, ia akan mengalami gangguan sistem endokrin tubuh yang memengaruhi metabolisme lemak. Hal tersebut membuat anak stunting lebih mudah gemuk akibat metabolisme lemak yang terganggu.

#ayocegahstunting

#sangsitjempol

Komentar atas Pendistribusian PMT ( Pemberian Makanan Tambahan) untuk balita oleh Kader Posyandu Banjar Dinas Peke

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sangsit

tampilkan dalam peta lebih besar