"Pelatihan Kader STBM"

Admin Sangsit 18 September 2019 13:59:47 WITA

Informasi Pemdes Sangsit
Rabu, 18 September 2019

Om Swastyastu,

Dalam rangka menunjang program upaya kesehatan masyarakat dalam kegiatan penyelenggaraan operasional pelayanan kesehatan dasar, Puskesmas Sawan I melaksanakan Pelatihan Kader Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang bertempat diAula Kantor Perbekel Sangsit, dipimpin langsung oleh Perbekel Sangsit Putu Arya Suyasa, didampingi oleh Kasi Kesejahteraan Masyarakat Desa Sangsit Gede Harmonis Sanjaya, Petugas Kesehatan Puskesmas Sawan I serta Kelian Banjar Dinas se-Desa Sangsit dan Kader Kesehatan masing-masing Banjar Dinas se-Desa Sangsit. 
Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah suatu pendekatan partisipatif yang mengajak masyarakat untuk mengalisa kondisi sanitasi mereka melalui suatu proses pemicuan, sehingga masyarakat dapat berpikir dan mengambil tindakan untuk meninggalkan kebiasaan buang air besar mereka yang masih di tempat terbuka dan sembarang tempat. Melalui pendekatan ini kesadaran akan kondisi yang sangat tidak bersih dan tidak nyaman di timbulkan. Dari pendekatan ini juga ditimbulkan kesadaran bahwa sanitasi (kebisaan BAB di sembarang tempat) adalah masalah bersama karena dapat berimplikasi kepada semua masyarakat sehingga pemecahannya juga harus dilakukan dan dipecahkan secara bersama.
Masyarakat akan di “bangkitkan” kesadarannya bahwa masalah sanitasi adalah masalah masyarakat sendiri dan bukan masalah pihak lain. Di harapkan dengan bermula dari STBM, kemudian dilanjutkan dengan program kesehatan lainnya seperti program kampanye cuci tangan, dan program kesehatan lainnya, peningkatan kesehatan masyarakat melalui perilaku hidup bersih dan sehat dapat terwujud.

Dalam pelatihan tersebut strategi STBM tersebut diharapkan dapat digunakan sebagai bahan dalam menentukan kebijakan yang sesuai spesifik lokal di pedesaan serta memicu penciptaan lingkungan yang kondusif, peningkatan kebutuhan, peningkatan penyediaan, dan pengelolaan pengetahuan dalam akses sanitasi serta perilaku masyarakat yang higienis, yang pada akhirnya dapat meningkatkan perilaku higienis masyarakat dan meningkatkan akses terhadap sarana sanitasi khususnya serta meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

Om santih, santih, santih om

Komentar atas "Pelatihan Kader STBM"

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sangsit

tampilkan dalam peta lebih besar