"Visitasi Akreditasi Satuan PAUD dan PNF Provinsi Bali Tahap II TK Widya Bahari"

Admin Sangsit 30 Oktober 2019 11:18:09 WITA

Informasi Pendidikan 
Rabu, 30 Oktober 2019

Om Swastyastu

Sudah terlaksana dengan lancar pelaksanaan kegiatan Visitasi Akreditasi Satuan PAUD dan PNF Provinsi Bali Tahap II oleh Asesor pada Lembaga TK Widya Bahari Desa Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng (29/10).

Akreditasi PAUD adalah suatu kegiatan penilaian kelayakan program dan satuan PAUD berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk memberikan penjaminan mutu pendidikan.

Tujuan Akreditasi Sekolah adalah untuk memberikan informasi tentang kelayakan program yang dilaksanakanya berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP), memberikan pengakuan peringkat kelayakan, memetakan mutu pendidikan berdasarkan SNP, dan memberikan pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan (Stakeolder) sebagai bentuk akuntabilitas publik.

Hasil dari akreditasi Sekolah akan bermanfaat sebagai acuan dalam upaya peningkatan mutu dan rencana pengembangan Sekolah, sebagai umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sekolah, sebagai motivator agar sekolah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten / kota, provinsi, nasional, bahkan internasional. Hasil akreditasi berguna sebagai bahan BAN untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat, maupun sektor swasta dalam profesionalisme, moral, tenaga, dan dana.

Hasil dari akreditasi Sekolah bermanfaat bagi Pemerintah dan pemerintah daerah, pemetaan mutu pendidikan, pencapaian SNP, dan dasar pertimbangan dalam menyusun kebijakan peningkatan mutu pendidikan nasional. Hasil akreditasi bermanfaat bagi penyeleggara pendidikan, bahan pertimbangan dalam menyusun kebijakan peningkatan mutu pendidikan nasional. Masyarakat/orang tua peserta didik; informasi tentang mutu satuan pendidikan dan pertimbangan dalam memilih layanan pendidikan.Sekolah sebagai dasar peningkatan mutu. Hasil akreditasi bermanfaat bagi Peserta Didik; pertimbangan dalam melanjutkan studi, mutasi sekolah/madrasah, dan karir dalam dunia kerja

Fungsi akreditasi sekolah adalah sebagai :

Pengetahuan : Informasi bagi semua pihak tentang kelayakan Sekolah/madrasah dlihat dari beberapa unsur terkait yang mengacu pada standar minimal beserta indikator-indikatornya.

Akuntabilitas : Salah satu bentuk pertanggungjawaban Sekolah sebagai lembaga pelayanan publik

Pembina dan Pengembangan : Dasar bagi pemerintah, penyelenggara pendidikan, dan masyarakat dalam upaya pembinaan, peningkatan dan pengembangan mutu.

Ucapan terima kasih banyak kepada Perbekel Sangsit Putu Arya Suyasa yang sudah mendampingi I Wayan Suryanta, S. Pd dan I Gusti Ngurah Indra Purwadi, S. Pd selaku Tim Asesor Visitasi Akreditasi Satuan PAUD dan PNF Provinsi Bali.

Demikian untuk kami informasikan.
Om santi, santih,santih om

Komentar atas "Visitasi Akreditasi Satuan PAUD dan PNF Provinsi Bali Tahap II TK Widya Bahari"

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sangsit

tampilkan dalam peta lebih besar