"Family Development Session (FDS) Desa Sangsit"

Ketut Divayana Putra 25 November 2019 13:31:41 WITA

Informasi Pemdes Sangsit

Senin, 25 Nopember 2019

 

Om Swastyastu,

Telah terlaksana Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga untuk KPM, PKH/keluarga penerima manfaat program keluarga harapan di Balai Banjar BD. Beji Desa Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial yang kemudian ditetapkan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga, bahwa tidak hanya bantuan materi saja yang diberikan, namun pengetahuan berupa materi-materi sebagai upaya perubahan pola pikir Keluarga Penerima Manfaat (KPM) juga diberikan.  Materi-materi yang diberikan diantaranya: pengasuhan dan pendidikan anak, pengelolaan keuangan dan memulai usaha, kesehatan dan gizi, perlindungan anak, bidang pelayanan penyandang disabilitas berat, dan bidang peningkatan kesejahteraan lanjut usia.

Family Development Session (FDS) merupakan bagian dari bisnis proses Progam Keluarga Harapan (PKH) yang berupa pertemuan kelompok, yang digunakan sebagai wadah pemberian materi-materi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sosial lewat modul-modul yang bertema sebagai upaya untuk mewujudkan tujuan PKH. Tujuan utama PKH yakni untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terutama pada kelompok masyarakat miskin. Sedangkan secara khusus tujuan PKH terdiri atas: pertama, meningkatkan kondisi sosial ekonomi KPM, kedua, meningkatkan taraf pendidikan anak-anak KPM, ketiga, meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu nifas, dan anak di bawah 6 tahun dari KPM, empat, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, khususnya bagi KPM.

Pendamping sosial adalah ujung tombak keberhasilan FDS memang benar. Dengan kreatifitas dan cara penyampaian pendamping sosial kepada KPM tentang materi FDS menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan. Oleh sebab itu, pendamping sosial biasanya menyampaikan materi FDS kepada KPM dengan kemasan sangat interaktif, komunikatif, dan disertai contoh berupa film yang mengedukasi.

Om santih, santih, santih om

 

Komentar atas "Family Development Session (FDS) Desa Sangsit"

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sangsit

tampilkan dalam peta lebih besar