"Menjaga Kesehatan dengan Senam Hamil"

Admin Sangsit 26 Juni 2019 06:31:52 WITA

INFORMASI KESEHATAN

Rabu, 26 Juni 2019,

 

Om Swastyastu

Salam Sangsit Jempol

 

Diberitahukan kepada ibu-ibu hamil warga masyarakat Desa Sangsit Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng, untuk bisa datang ke-Aula Kantor Perbekel Desa Sangsit karena akan diadakan Senam Hamil pada Hari Rabu (26/6/2019) pada pukul 09.00 Wita. Program ini terselenggara berkat kerja sama Pemdes Sangsit dengan Tim Kesehatan Puskesmas Sawan I yang dikoordinir oleh Bidan Made Indra Parwati.

Masa kehamilan sering membuat tubuh cepat lelah dan membuat ibu ingin terus berbaring santai saja. Padahal tidak bergerak aktif di masa kehamilan justru dapat membuat tubuh menjadi tidak bugar dan bisa mempersulit proses persalinan. Diperlukan olahraga yang dilakukan secara teratur supaya dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh untuk menjalani persalinan.
Salah satu olahraga yang relatif aman dilakukan sebagian besar ibu hamil adalah senam hamil. Senam hamil adalah gerakan-gerakan ibu hamil dalam meningkatkan kelenturan, kekuatan, dan menjaga sistem jantung dan kardiovaskular atau pembuluh darah. Jika sebelumnya ibu melakukan senam aerobik, maka perlu adanya modifikasi untuk menghindari terlalu banyak gerakan seperti melompat, menendang, serta gerakan lain yang berisiko membahayakan janin. Namun jika ibu baru akan mulai melakukan senam, sebaiknya pilih senam khusus untuk ibu hamil.

Menjaga Kesehatan dengan Senam Hamil
Tujuan senam hamil adalah menyehatkan ibu hamil serta memperlancar proses persalinan dengan memberikan gerak latihan pada otot-otot dan bagian tubuh yang akan paling banyak berperan dalam proses persalinan  tersebut misalnya tulang panggul, otot perut, dan otot paha, hingga nantinya ibu hamil diharapkan mampu melakukan persalinan normal dengan lancar. Adapun manfaat senam hamil yang dilakukan secara teratur, antara lain: Meredakan rasa nyeri dan sakit selama masa kehamilan, Mengencangkan otot, Meringankan nyeri akibat pertambahan beban tulang belakang, Meningkatkan kerja jantung dan paru-paru, Memperkuat sendi, Membantu menghindari pertambahan berat badan berlebihan dan Membuat tidur lebih nyenyak.

Dari sisi psikologis, senam hamil membuat ibu berpikir lebih positif karena merasa lebih siap menghadapi persalinan. Tidak hanya itu, setelah bayi lahir, senam hamil juga membantu ibu untuk segera dapat kembali ke bentuk badan dan stamina seperti semula.

Mari ibu-ibu cantik tingkatkan kesehatan dengan melakukan senam hamil pada masa kehamilan

Komentar atas "Menjaga Kesehatan dengan Senam Hamil"

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sangsit

tampilkan dalam peta lebih besar