Musyawarah Desa Penyusunan RKPDesa Tahun 2020

Admin Sangsit 28 Juni 2019 23:26:31 WITA

Om Suastiastu

Salam Sangsit Jempol

Pada hari ini Jumat, 28 Juni 2019 Sesuai dengan Peraturan Mnteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014, BPD Desa Sangsit, Pemerintah Desa Sangsit, Desa Adat Sangsit Dauh Yeh, LPM Desa Sangsit serta masyarakat dari unsur petani, nelayan, PKK, Karang Taruna melaksanakan Musyawarah Desa dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Sangsit tahun 2020. Dalam Musyawarah Desa ini dihadiri oleh Bapak Perbekel Sangsit Putu Arya Suyasa, Ketua BPD Sangsit Komang Sudarma , Kelian Desa Adat Sangsit Dauh Yeh Jero I Wayan Wissara, Ketua LPM Desa Sangsit Ketut Sukaya Tenaga Ahli Kabupaten Wayan Wetini  Pendamping Kecamatan dan Pendamping Lokal Desa Made Sumiata. Sebagai landasan Penyusunan RKP tahun 2020 Bapak Perbekel Menyampaikan Arah Kebijakan Pembangunan Desa yang merupakan penjabaran dari Visi Misi Beliau yakni Sangsit Cermat (Cerdas Maju dan Teliti) berlandaskan konsep Tri HIta Karana Jilid II. Adapun pandangan umum tentang Arah Kebijakan Pembangunan Desa Sangsit tahun 2020 sebgai berikut :

ARAH KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DESA SANGSIT TAHUN 2020

VISI MISI : SANGSIT CERMAT (CERDAS, MAJU DAN TELITI) BERLANDASKAN KONSEP TRI HITA KARANA JILID 2

I. BIDANG PEMERINTAHAN DESA :Peningkatan disiplin, tanggung jawab, hasil kerja Perangkat Desa dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelayan masyarakat.

II. BIDANG PEMBANGUNAN DESA : Meningkatkan Fungsi dan Sasaran program Posyandu, Meningkatkan Sarana dan prasarana kegiatan TK PAUD, Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan Usaha Tani dan jalan Lingkungan yang berkelanjutan sesuai dengan aspirasi masyaraka, Memfasilitasi Pembangunan, Pemeliharaan dan Penataan Desa Pakraman dan Subak, Kegiatan Pembangunan, Pemeliharaan dan Pengelolaan Sarana Air Bersih Tingkat Desa, dan Pengelolaan Sampah skala Desa,

III. BIDANG PEMBINAAN MASYARAKAT :Melanjutkan program kegiatan Unit Kesehatan Desa dengan peningkatan sarana dan prasarana penunjang, Melaksanakan Pelatihan, Pembinaan yang dapat meningkatkan ketrampilan, life skil (kecakapan hidup), sesuai dengan bakat, minat dan potensi masyarakat dalam menunjang perekonomian rumah tangga, Melanjutkan program kegiatan Peningkatan kwalitas Siswa dan bantuan kepada siswa miskin dalam hal mencerdaskan generasi muda Desa Sangsit, Meningkatkan serta menguatkan kapasitas kelompok tani, peternak dan nelayan serta usaha ekonomi kecil dan menengah, serta industri rumahan masyarakat melalui fasilitasi dan bantuan permodalan serta penyediaan sarana dan prasarana yang memadai serta tekhnologi tepat guna, Melaksanakan Pembinaan Seni Budaya Masyarakat, Memfasilitasi pemberian bantuan rehabilitasi rumah tangga miskin.

IV. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT : Peningkatan kegiatan kelompok pemuda dalam segala bidang sebagai tindakan preventif terhadap bahaya Narkotika dan obat terlarang serta membangun sinergitas bersama dalam usaha memberantas peredaran narkoba, Penguatan kapasitas kelompok usaha ekonomi produktif, kelompok tani, nelayan, pengrajin, Usaha Ekonomi Rumahan, Memotivasi serta memfasilitasi masyarakat agar berani membuka bidang usaha baik secara perorangan, kelompok ataupun masal.

Sekretaris Desa Sangsit Ketut Dodik Nuratmaja juga menyampaikan Proyeksi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Sangsit tahun 2020. Dalam Musyawarah Desa hari ini, yang menjadi pembahasan penting terkait dengan penyampaian Bapak Ketua BPD terkait rencana Pembangunan Kios untuk Bumdesa agar disepakati bersama - sama dalam musyawarah Desa tersebut. Bapak Perbekel Putu Arya Suyasa menyampaikan bahwasannya Pembangunan Kios dimaksud untuk peningkatan PAD, serta memfasilitasi masyarakat agar berani membuka usaha dan kedepannya sepanjang dari depan kantor Perbekel sampai ke Barat, kita berikan masyarakat untuk berjualan disana serta mengurangi kekumuhan areal depan kantor Perbekel.

Jangan Kasih Kendor

Salam Adung

Komentar atas Musyawarah Desa Penyusunan RKPDesa Tahun 2020

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Sangsit

tampilkan dalam peta lebih besar